09 Maret 2009

6 Cara Membuat Anak Suka Makan Sayur

Buat anda yang punya anak atau baru beberapa belas tahun yang lalu masih anak-anak, anda pasti tahu betapa susahnya mereka (atau kita) mencoba mengunyah makanan hijau pahit yang tidak mengenakkan itu. Harian The New York Times memberikan 6 tips sederhana ini untuk anda:

1. Ajak anak anda ikut terlibat dalam proses memasaknya, atau setidaknya melihat bagaimana anda mempersiapkan makanannya.
2. Jangan memaksa mereka untuk memakannya atau mengiming-imingi hadiah. Silakan tawarkan sayuran, tapi usahakan tetap bersikap netral entah dia menerima atau menolaknya.
3. Kalau tidak ingin anak anda makan sesuatu yang tidak sehat, jangan coba disembunyikan di tempat yang (menurut anda) tak terjangkau anak; Sterilkan rumah anda dari makanan itu.
4. Pola makan orangtua bisa mempengaruhi anak mereka untuk menirunya, jadi berilah contoh yang baik dan hati-hatilah kalau anda sedang berdiet.
5. Jangan sajikan sayuran yang itu-itu saja; berkreasilah dengan cara masak yang berbeda tanpa harus terpaku pada sisi kesehatannya.
6. Jangan menyerah! Menurut seorang ahli gizi, dibutuhkan rata-rata 15 kali atau waktu berbulan-bulan untuk bisa membuat anak menerima suatu makanan.

Bagaimana dengan anda? Pernah punya pengalaman pribadi (entah anda ke anak atau orangtua ke anda) dan tips-tips lain dalam mengusahakan anak mau makan sayur-sayuran?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

ary_btfmbwi@yahoo.com