17 Juli 2009

Mengapa Saya Cepat Pikun?

Apakah anda pernah lupa..saat anda menaruh barang...kemudian mencari - carinya...itu aadalah awal dari pikun...tapi tenang... karna ada beberapa tips untuk mempertahankan daya ingat:

1. Olahraga teratur
Dengan berolahraga teratur maka pasokan darah akan lebih banyak ke otak dibandingkan saat kita tidak berolahraga. Pasokan darah yang lebih banyak membuat sel otak mendapat cukup makanan dan memperlambat penuaan sel otak. Olahraga ringan seperti berjalan pun akan membantu mempertahankan daya ingat. Sebisa mungkin berolahragalah 3-5 kali seminggu selama setengah jam dan biasakan berjalan kaki bila menempuh jarak yang dekat.

2. Mengontrol stres
Hasil penelitian oleh University of California menyatakan, stres jangka pendek yang berlangsung hanya beberapa jam dapat merusak komunikasi antar sel otak di beberapa daerah yang berhubungan dengan kemampuan belajar dan daya ingat.
Penelitian itu juga menunjukkan, baik stres berat yang berlangsung jangka pendek maupun yang berlangsung selama beberapa pekan atau bulan dapat merusak komunikasi antar sel di wilayah ingatan dan kemampuan belajar di otak. Studi tersebut disiarkan dalam Journal of Neurosicence.
Dalam studi tersebut, para peneliti telah mengidentifikasi suatu cara baru bagaimana stres mengakibatkan dampak penurunan daya ingat. Mereka mendapati bahwa bukan kortisol— hormon yang dikenal luas sebagai penyebab stres— yang mengalir di seluruh tubuh, stres akut malah mengaktifkan molekul tertentu yang disebut Corticotropin Releasing Hormones (CRH) yang mengganggu proses cara otak mengumpulkan dan menyimpan ingatan. Stress dan amarah juga dapat mengurangi cadangan antioksidan dalam tubuh sehingga sel otak akan sulit menghadapi begitu banyak radikal bebas yang terjadi di tubuh yang berakibat sel otak akan cepat mengalami penuaan.

3. Makanan yang bergizi
Dianjurkan untuk mengkonsumsi bahan makanan yang bergizi tinggi untuk otak, seperti kedelai, kacang-kacangan, sayuran dan buah. Kedelai dan kacang-kacangan mengandung kolin dan isoflavon yang baik untuk penghantaran impuls. Juga makanan yang mengandung vitamin B kompleks, asam folat dan zat besi baik untuk vitalitas otak dan menjaga suplai oksigen yang optimal ke otak.Lebih baik tidak sembarangan mengonsumsi suplemen yang dianggap baik untuk otak. Akan lebih baik jika kita mencukupi kebutuhan zat gizi tadi dari makanan, sebab selain alami juga menghindari kemungkinan toksisitas dosis dari suplemen tersebut.
Hal yang menarik adalah anggapan masyarakat bahwa mengonsumsi ginkgo biloba dapat memperbaiki daya ingat kita. Tetapi berdasarkan studi terbaru, ternyata ginkgo giloba memberikan manfaat yang tidak lebih daripada plasebo. Artinya, mengonsumsi ginkgo biloba tidak memberikan perubahan terhadap peningkatan daya ingat kita.4.

4. Istirahat yang cukup
Keletihan akan mengganggu kita dalam proses menangkap dan menyimpan informasi. Oleh karena itu, tidurlah yang cukup di malam hari agar sel-sel otak bisa beristirahat dan siap untuk memulai proses belajar kembali. Selama tidur juga otak kita terus berpikir tentang persoalan yang kita hadapi. Ini menjelaskan kenapa terkadang kita terbangun dan tiba-tiba menemukan solusi dari masalah yang kita pikirkan seharian.
Jangan lupa pula meluangkan waktu untuk relaksasi di sela kegiatan Anda bila Anda mulai merasa jenuh. Caranya, Anda bisa memejamkan mata Anda, mengatur posisi duduk Anda yang lebih santai, dan membayangkan pemandangan alam yang pernah Anda lihat. Membayangkan keindahan alam selama 5 menit cukup untuk menyegarkan kembali pikiran Anda.

5. Hindari diet ketat
Bagi kebanyakan orang, diet dipilih sebagai cara untuk menurunkan berat badan. Tetapi diet ketat dan tidak terarah malah berdampak buruk bagi tubuh. Diet yang terlampau ketat menyebabkan tubuh kekurangan glukosa. Glukosa adalah sumber energi utama bagi sel-sel tubuh, termasuk sel otak. Kekurangan glukosa menyebabkan rendahnya daya pikir dan konsentrasi seseorang.Protein sebetulnya dapat dirubah menjadi glikogen dan menjadi pengganti glukosa, tetapi glikogen tidak dapat bekerja seefektif glukosa.

6. Asah daya ingat Anda dengan permainan otak
Permainan yang merangsang otak dan mental kita juga membantu mempertahankan daya ingat. Permainan scrabble, sudoku, puzzle, TTS, dan asah otak lainnya sangat membantu memperkuat daya ingat. Bahkan dalam keadaan rileks pun, Anda dapat melatih daya ingat Anda. Coba Anda mengingat kembali letak dan posisi benda-benda di dapur Anda, kemudian kamar tidur anda dan tempat-tempat lainnya, latihan sederhana ini akan membuat otak Anda akan selalu optimal.

7. Jangan sering melamun
Ketika melamun dan tidak ada yang dipikirkan, maka sel-sel otak akan lebih cepat mengalami penuaan dan mati. Juga sambungan antar sel otak menjadi lebih cepat rusak sebab jarang digunakan untuk berpikir. Akibatnya, orang-orang yang banyak melamun akan terlihat lamban dan tidak bersemangat.

8. Konsentrasi saat membaca dan menggunakan kata kunci dalam menghapal
Ketika sedang membaca, usahakan untuk membayangkan apa yang ditulis sesuai dengan imajinasi kita. Juga bila ada poin-poin yang harus dihapal, gunakan akronim untuk membantu mengingat, seperti mejikuhibiniu (merah, jingga, kuning, hijau, biru, nila, dan ungu), IPMATS (Interfase, Profase, Metafase, Anafase, Telofase, dan Sitokinesis), atau sanjak seperti Nona Panik ASik SIbuk BIsnis (Nitrogen, Phosphor, Arsenik, Silikon, Bismuth)

9. Hati-hati terhadap efek samping obat
Beberapa obat penenang, seperti diazepam (valium) dan lorazepam (ativan), anti-hipertensi dan obat jantung seperti propanolol dan methyldopa, obat anti-histamin, dan obat pelemas otot bila dikonsumsi dalam jangka lama akan mempengaruhi ketajaman daya ingat.
Hendaknya setiap kali kita diberikan resep, kita selalu bertanya terhadap efek samping yang mungkin akan timbul dan penanganannya. Bila muncul efek samping yang tidak diinginkan, konsultasilah kepada dokter untuk diganti jenis obatnya.

10. Selalu berpikir positif
Berpikirlah positif, bahwa kita dikaruniai otak yang demikian luar biasa untuk melakukan berbagai macam hal. Dan yakinlah bahwa kita dapat melawan kepikunan, dan semua usaha yang kita lakukan untuk menguatkan daya ingat kita akan membuahkan hasil yang memuaskan. Dengan berpikir positif pula, kita akan selalu bersemangat dan optimis dalam menjalani hidup, serta menghindari stres.
Demikianlah sedikit saran dan metode yang bisa diterapkan untuk tetap memaksimalkan daya ingat kita.

2 komentar:

ary_btfmbwi@yahoo.com